Kamis, 27 Januari 2011

Beranda » 2010, Pria Juga Mendominasi Perawatan Kulit

2010, Pria Juga Mendominasi Perawatan Kulit

Perawatan kulit tak lagi didominasi wanita. Besarnya minat pria terhadap perawatan kulit menjadi bukti tingkat kepedulian yang semakin baik.

Perusahaan kosmetik PT Ristra Indolab mengklaim bahwa sepanjang 2010, hampir setengah klien yang melakukan perawatan di klinik kecantikannya adalah pria.


"Empat dari sepuluh klien Ristra adalah pria,"

Menurut dr Utari, pria datang ke klinik kecantikan kulit untuk mencari solusi masalah kulit, tidak seperti wanita yang kebanyakan untuk merawat kulit.

"Mereka baru datang kalau memang ada masalah. Bukan bilang, 'Dok, saya mau facial supaya kulit saya cerah.' Apalagi tahu kalau facial itu sakit. Beda dengan wanita yang datang memang untuk perawatan,"

Masalah kulit yang kebanyakan dikeluhkan pria, adalah bekas jerawat dan vlek hitam. Untuk mengatasi masalah tersebut, dr Utari menyarankan klien melakukan treatment facial atau mikrodermabrasi.

"Facial dan mikrodermabrasi adalah dua treatment yang paling banyak dipilih pria. Facial untuk membersihkan kulit sedangkan mikrodermabrasi untuk menghilangkan vlek karena ada proses pengelupasan sel-sel kulit mati di dalamnya. Lama-kelamaan, saat treatment rutin dilakukan, muncul sel kulit baru yang lebih bersih dan sehat,"

Sabun muka, scrub, & pelembap, wajib!

Sebagai perawatan sehari-hari, dr Utari menyarankan cuci muka dengan sabun pembersih wajah dilanjutkan scrubbing sepekan dua kali. Apalagi kondisi kulit pria berbeda dari wanita sehingga penting untuk merawatnya lebih intens.

"Kulit pria menghasilkan kelenjar minyak lebih banyak, beraktivitas padat, hormonnya pun berbeda di mana wanita lebih banyak estrogen sedangkan pria lebih banyak progesteron, inilah yang mengharuskan pria membersihkan wajah lebih sering,"

Sabun pembersih mengandung pH balance sangat disarankan karena sesuai dengan kondisi iklim Indonesia yang banyak paparan sinar matahari.

"Kalau ada sabun pembersih wajah yang bikin kulit kita terasa ditarik setelah memakainya, hati-hati. Enggak bagus karena mengandung banyak soda. Bikin kulit kita kering,"

Satu lagi perawatan sehari-hari yang disarankan dr Utari untuk pria, yakni pelembap.

"Pria juga wajib pakai pelembap untuk mencegah kulit dari dehidrasi meski tidak beraktivitas atau berada di dalam ruangan. Kalau malas, minimal pakai suncare untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bahkan di kondisi sekarang, bisa tembus ke dalam ruangan,"

www.orde-baru.blogspot.com