Jumat, 21 Januari 2011

Beranda » Atasi Kenaikan Berat Badan Akibat Stres

Atasi Kenaikan Berat Badan Akibat Stres

Gagalnya diet biasanya dikarenakan tidak tahan terhadap godaan pada makanan. Stres ternyata juga bisa menyebabkan lingkar pinggang tidak kunjung mengecil.

Seperti yang dikutip dari good to know, hormon kortisol atau yang sering dipanggil dengan hormon stres akan banyak diproduksi tubuh saat seseorang mengalami stres. Efek stimulasi dari hormon ini dapat membuat seseorang makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuhnya.


Yang lebih buruk lagi, beberapa ahli percaya bahwa lemak akan tersimpan di sekitar perut saat stres karena ada banyak reseptor kortisol pada area perut dibandingkan area lainnya. Tambahan lemak di perut ini meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Khawatir terhadap hal ini? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

Bergerak
Olahraga akan menurunkan tingkat kortisol dan meningkatkan hormon endorphin (hormon yang banyak diproduksi tubuh saat perasaan sedang gembira). Cobalah untuk bersepeda, berlari atau berjalan selama setidaknya 20 menit dalam tiga hingga lima kali dalam seminggu.

Relaksasi
Jadwalkan diri untuk berelaksasi meskipun hanya berendam di kamar bathtub. Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan dalam atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Alternatif
Carilah makanan pengganti saat stres membuat Anda merasa lapar. Satu mangkuk salad buah atau mengunyah permen karet tanpa gula bisa menjadi pilihan yang tepat.

www.orde-baru.blogspot.com