Kamis, 27 Januari 2011

Beranda » Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

Terlalu asyik bermain di pantai terkadang membuat kita lupa waktu. Sehingga kulit pun terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Akibatnya, kulit pun menjadi kering, terkelupas dan berwarna kemerahan. Bukan hanya itu, kulit akan terasa panas dan perih.

Kondisi seperti ini biasa disebut 'sunburn' atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari howstuffworks.

1. Mandi dengan Baking Soda
Masukkan 3-4 sendok teh baking soda ke dalam bak mandi berisi air dingin. Cara ini bisa membantu menenangkan kulit terbakar akibat sinar matahari. Cukup rendam tubuh Anda selama 15 hingga 20 menit. Jika terlalu lama, kulit akan kering dan terkelupas. Setelah berendam, jangan lap menggunakan handuk. Biarkan mengering dengan sendirinya.

2. Usapkan Teh Chamomile
Chamomile punya efek menenangkan dan membuat tubuh rileks. Begitu juga efeknya terhadap kulit yang perih karena sinar matahari. Seduh teh chamomile dalam baskom, biarkan hingga dingin. Lalu ambil spons, celupkan pada teh dan tempelkan pada area tubuh yang terbakar sinar matahari.

3. Mengoleskan Lidah Buaya
Tekstur lidah buaya yang menyerupai gel bisa mengurangi rasa perih dan kemerahan akibat sinar matahari. Belah lidah buaya menjadi dua, lalu oleskan langsung ke kulit yang teriritasi. Oleskan lima hingga enam kali sehari, selama beberapa hari hingga sembuh.

www.orde-baru.blogspot.com