Senin, 24 Januari 2011

Beranda » Berhanti Merokok Justru Membuat Orang Lebih bahagia

Berhanti Merokok Justru Membuat Orang Lebih bahagia

Kebijaksanaan konvensional mengatakan, banyak perokok menggunakan rokok untuk mengurangi kecemasan dan depresi. Namun studi terbaru menunjukkan, bahwa berhenti merokok justru membuat orang lebih bahagia.

Dalam studi terbaru, para peneliti melacak gejala depresi pada orang yang mencoba berhenti merokok dan menemukan fakta bahwa mereka tidak pernah lebih bahagia daripada ketika sedang berhasil.

Berdasarkan hasil studi, penulis merekomendasikan bahwa perokok yang mencoba berhenti dari kebiasaannya itu merupakan langkah untuk memperbaiki mental serta kesehatan fisik. Demikian diungkapkan Christopher Kahler, penulis dan profesor riset kesehatan masyarakat di Warren Alpert Medical School of Brown University.

Mereka tidak berhenti merokok, karena beberapa perokok mungkin takut, sehingga menjadi gambaran suram korban psikologis yang memiliki pandangan hal itu dilakukan demi umur panjang.

"Telah sering asumsi yang menyebutkan bahwa orang mungkin merokok karena memiliki sifat antidepresi dan jika mereka berhenti mungkin menginstalnya dengan episode depresi,"

"Apa yang mengejutkan adalah, bahwa pada saat Anda mengukur mood perokok, bahkan jika mereka hanya berhasil untuk sementara waktu, mereka sudah melaporkan gejala yang kurang dari depresi,"

Kahler dan rekan dari Brown, The Miriam Hospital, dan University of Southern California mempelajari sekelompok 236 pria dan wanita yang berusaha untuk berhenti merokok, yang kebetulan juga peminum berat.

Mereka menerima potongan kecil nikotin dan berhenti melakukan konseling, kemudian sepakat untuk berhenti di tanggal yang ditentukan. Beberapa saran khusus juga diberikan untuk mengurangi kebiasaan minum.

Peserta mengambil tes standar gejala depresi selama sepekan sebelum tanggal berhenti kebiasaan buruk tersebut, kemudian melihat kondisi mereka pada tanggal dua, delapan, 16, dan 28 pekan setelah tanggal yang ditetapkan tersebut.

Semua, kecuali 29 peserta yang turut andil menjadi salah satu dari empat perilaku berhenti dengan cara yang berbeda. 99 subjek tidak pernah abstain, 44 hanya berpuasa saat dinilai selama dua pekan, 33 berhasil tetap merokok saat dicek selama dua dan delapan pekan, 33 berhasil menjauhi rokok untuk memelajari seluruh waktu yang ditentukan.

Yang paling ilustratif, dan agak tragis, subjek adalah orang yang hanya berhenti sementara. Suasana hati mereka jelas terang saat pemeriksaan ketika mereka berpuasa.

Setelah kembali kepada kebiasaannya merokok, suasana hati mereka gelap. Bahkan, dalam beberapa kasus ke tingkat yang lebih tinggi mengalami kesedihan dari sebelumnya.

"Korelasi yang kuat dalam waktu antara kebahagiaan meningkat dan pantang mengirimkan kisah melalui kedua tangannya,"

Subjek yang tidak pernah berhenti merokok tetap tidak bahagia selama penelitian. Orang-orang yang berhenti dan terjebak dengan pantangan merokok adalah pribadi yang paling bahagia untuk memulai hidup sehat, dan tetap pada tingkat yang kuat yang sama dengan seluruh kebahagiaan.

Penelitian ini telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research pada 24 November lalu.

www.orde-baru.blogspot.com