Sabtu, 15 Januari 2011

Beranda » Desain Rumah Minimalis Yang Sejuk

Desain Rumah Minimalis Yang Sejuk

Bukan ukuran fisik rumah saja yang bisa membuat hunian Anda menjadi pengap. Ada hal lain yang ikut memicu timbulnya kepengapan, yakni kurang maksimalnya fungsi elemen di rumah.

Bukaan misalnya. Bagi pemilik rumah yang kecil, perlu ada trik supaya penghuni di dalamnya tetap dapat merasakan keleluasaan dan kelapangan di satu sisi, dan tidak merasakan sempit dan pengapnya rumah tersebut. Anda bisa mencari celah atau bukaan di dalam rumah yang bisa mendapatkan cahaya matahari lebih banyak.

Paling tidak, dengan bukaan yang banyak pada siang hari, Anda tidak membutuhkan cahaya lampu yang banyak. Selain itu, semakin banyak cahaya yang mengalir melalui sebuah ruang sehingga ruang tersebut tidak terlihat pengap karena lahan bangunan yang sempit.

“Pertimbangkan untuk memasang beberapa skylight, terutama untuk area kamar mandi dan dapur. Skylight dapat memberi kekuatan untuk menghadirkan dimensi yang luas dan terang di sebuah ruang,”

Apabila Anda tidak dapat menciptakan bukaan karena dinding rumah bersinggungan dengan tembok tetangga, maka hal yang paling mungkin Anda lakukan adalah menciptakan bukaan di bagian atas, yakni lubang void di atas atap. Ini merupakan trik jitu untuk menciptakan aliran udara dan cahaya agar tetap lancar masuk ke dalam rumah.

Menurut arsitek Briyan Talaosa, void biasanya sengaja diciptakan untuk interior bangunan karena berbagai alasan. Salah satunya memberikan kesan luas di ruangan. Dengan begitu, pemanfaatan void terbilang tepat sehingga menciptakan ruang yang tidak pengap. Itu karena udara dan cahaya tetap bisa mengalir walaupun mengandalkan bukaan atap. Begitu pun dengan penggunaan tirai untuk bukaan.

Menurut Wisnu, tirai yang lebih ringan akan membantu bukaan untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Untuk itu, gantilah tirai yang punya gantungan kain berat dengan bahan yang lebih ringan dan dapat menghadirkan cahaya yang mengalir antara dua ruangan.

Selain bukaan, hal yang bisa membuat ruang tidak pengap adalah kesan luas yang diciptakan dalam ruang. Artinya, penataan ruang yang baik, dalam hal ini aksesori dinding sehingga bisa memberikan efek yang lebih luas. Menurut Wisnu, cermin merupakan senjata paling mutakhir untuk memperluas ruang. Bukan hanya melalui ilusi yang diciptakan, cermin juga dapat membantu menghasilkan cahaya yang lebih terang.

Sebelum ada listrik, cermin dan kaca banyak diletakkan di belakang lampu untuk lebih membantu menerangi ruangan. Foyer dan ruang makan adalah tempat favorit untuk meletakkan cermin. Di sini tamu dapat berkaca sejenak sebelum menikmati hidangan yang Anda sajikan. Hal serupa dikatakan arsitek dari Studio 3+, Briyan Talaosa.

Menurut dia, peletakan cermin yang pas biasanya di sisi dinding yang masih ada jarak dengan furnitur. Karena jika diletakkan di bagian yang menempel dengan furnitur, efek luas yang ingin kita ambil dari cermin akan sangat terlihat palsu karena bayangan kembarannya akan terasa. Artwork dan lukisan pun demikian.

Kedua pernak-pernik dinding tersebut sangat berguna dalam menciptakan dimensi ruang dan menghasilkan efek yang ingin kita ciptakan. Pilihlah lukisan yang dapat membantu memperkuat kesan ruang yang ingin kita ciptakan.

Misalkan ruang keluarga diberi lukisan orang yang sedang bercakap-cakap atau foto bersama anggota keluarga. Jadi, kuncinya di sini adalah menggunakan aksesori minimal, namun tetap mendapatkan efek yang diinginkan di ruangan tersebut.

Tags :Forum buku online, Ramalan BIntang, Fit and Beauty, Realita Kehidupan, Potret Kemiskinan, Lingkungan Hidup, Masyarakat Kumuh, Pergaulan Bebas, Remaja ABG, Hamil Diluar Nikah, Aborsi, Video Porno, Free Sexs,Perempuan Nakal, Remaja Bugil, Blogging, Tips Kecantikan, Wanita Modern, Seks Bebas, Vitalitas Seks, Fashion, Zadiak, Horoskop, Kencan, Kissing, Love, Blogger, Pergaulan Remaja, Remaja Masa Kini, ABG Kota, ... , Remaja, ... , Wanita Nakal, Perempuan Nakal, Make Up, Dapur Minimalis

www.orde-baru.blogspot.com