Rabu, 05 Januari 2011

Beranda » Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan dan Jiwa

Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan dan Jiwa

Duduk , sama saja dengan menonaktifkan otot. Sehingga, menghabiskan waktu dengan duduk di depan televisi atau di depan layar monitor dianggap berdampak buruk bagi kesehatan dan jiwa.

Sebuah studi terbaru menemukan, bahwa semakin lama Anda duduk, maka risiko kematian akan semakin dekat. Terutama bagi seorang wanita.


American Cancer Society dengan peneliti Alpa Patel, mengatakan risiko tersebut tergantung pada kadar kegiatan fisik.

Wanita yang dilaporkan menghabiskan waktu enam jam per hari untuk duduk, 37 persen dari mereka meninggal dunia selama studi tersebut. Berbeda dengan pria yang hanya 18 persen, dan mereka yang duduk tiga jam per hari, berisiko lebih kecil.

Risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah, lebih besar dari kematian akibat kanker.

"Duduk terlalu lama dan aktivitas fisik yang jarang, memiliki konsekuensi pada organ pencernaan, dan ikut berpengaruh menimbulkan penyakit trigliserida, kolesterol, tinggi kepadatan lipoprotein, glukosa berkurang, tekanan darah tersumbat, dan leptik, yang semuanya mengarah pada obesitas dan penyakit kardiovaskular serta penyakit kronik lainnya,"

Peneliti menyimpulkan, "Pesan kesehatan publik dan petunjuknya harus memasukkan pentingnya mengurangi waktu duduk dan beraktivitas fisik lebih sering."

Hasil studi telah dipublikasikan secara online pada the American Journal of Epidemiology.

www.orde-baru.blogspot.com