Sabtu, 01 Januari 2011

Beranda » Jaga Kesehatan & Kebersihan Organ Intim dengan Sabun Sirih

Jaga Kesehatan & Kebersihan Organ Intim dengan Sabun Sirih

Ada begitu banyak produk untuk membersihkan dan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Tapi tak semua produk itu aman. Malah ada yang sampai menyebabkan infeksi atau iritasi. Kini muncul sabun sirih, sebuah produk yang aman untuk membersihkan organ intim.


Sirih adalah tanaman obat (fitofarmaka). Dulu banyak orang menggunakan daun sirih dengan cara dikunyah. Itu lantaran daun sirih dipercaya dapat mencegah bau mulut. Manfaat lain daun sirih adalah untuk mencegah bau badan yang disebabkan oleh bakteri atau cendawan. Semua itu tak lepas dari kandungan zat aktif yang terdapat pada daun sirih.

Menurut dr Furiyani, sabun sirih adalah sabun antiseptik. Minyak atsiri daun sirih mengandung fenol, seskuiterpen, pati, diatase, dan zat kavikol. Zat inilah yang berkhasiat untuk mematikan kuman, antioksida, dan antijamur.

“Sejauh ini sabun sirih biasanya digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan,”.

Perawatan pada daerah kewanitaan menjadi sangat penting karena menyangkut siklus menstruasi, keputihan, hubungan seks, dan kehamilan. Masalah yang banyak timbul pada organ kewanitaan adalah adanya ketidakseimbangan pH pada area kewanitaan. Perubahan keseimbangan dari pH ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, antara lain penularan infeksi kuman, faktor fisik, terkait masalah kebersihan diri, dan juga bisa disebabkan oleh faktor sabun yang digunakan.

Sejauh ini khasiat sabun sirih terkait dengan kandungan senyawa alkohol yang terdapat pada daun sirih, baik fenol maupun kavikol. Fenol yang dihasilkan dari ekstrak daun sirih merupakan senyawa golongan alkohol yang memiliki daya antiseptik lima kali lebih lama daripada senyawa fenol biasa. Senyawa kavikol akan semakin memmbantu sebagai antiseptik.

www.orde-baru.blogspot.com