Sabtu, 22 Januari 2011

Beranda » Kiat Jaga Kosmetik Berumur Panjang

Kiat Jaga Kosmetik Berumur Panjang

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa kosmetik dan produk make up punya tanggal kedaluwarsa? Toh, Anda menggunakannya di kulit, bukan untuk dimakan.

Penting untuk menjaga kosmetik dalam kondisi higienis agar tidak terkontaminasi bakteri dan menyebabkan infeksi. Jadi, umurnya bisa lebih panjang.


Simak beberapa kiat sederhana menjaga produk kosmetik tetap bersih, aman, dan berumur panjang, seperti dikutip dari Allwomenstalk.

Hindari bersentuhan

Cuci tangan Anda sebelum menggunakan kosmetik, dan hindari tangan bersentuhan dengan produk sebisa mungkin. Jika Anda perlu mengambilnya sedikit, gunakan kuas, spons, atau alat lainnya.

Mengaplikasikan make up dengan tangan telanjang ke kulit lalu balik mengambil make up, maka bakteri dari kulit bisa berpindah ke make up Anda.

Jangan berbagi

Dengan berbagi make up, Anda juga berbagi kuman, terutama riasan mata. Anda tentu tidak ingin tertular infeksi mata dari orang lain, jadi jangan pernah berbagi make up.

Jika Anda ingin mencoba tester make up di toko, mintalah sampel baru. Kalau tidak ada, lebih baik Anda membelinya tanpa mencoba tester atau tidak membeli sama sekali. Anda tidak tahu apa yang terdapat dalam sampel yang sudah tersentuh puluhan orang.

Tempat menyimpan terbaik adalah kamar tidur

Hindari meninggalkan make up di kamar mandi, karena kuman dapat dengan mudah menular. Kamar tidur juga menyediakan pencahayaan yang lebih baik untuk Anda berdandan.

Bersihkan kuas

Kuas make up harus dibersihkan secara rutin. Caranya, rendam dalam cairan air dan shampo lalu biarkan kering di udara terbuka. Ganti kuas jika bulunya sudah banyak yang rontok.

Ganti make up

Rajinlah memeriksa tas make up dan produk kosmetik. Kalau ada yang berbau atau teksturnya berubah, harus dibuang.

Beli dalam bentuk tube

Jika memungkinkan, pilihlah produk yang dikemas dalam bentuk tabung/tube (seperti cleanser, losion, alas bedak bentuk cair, dan sebagainya) daripada bentuk kotak. Bentuk seperti ini meminimalisir tangan Anda kontak dengan kosmetik sehingga isinya tak akan terkontaminasi bakteri.

Tutup sempurna

Pastikan setiap make up dan kosmetik yang Anda gunakan ditutup sempurna setelah menggunakannya, sehingga kesegarannya lebih tahan lama.

Juga, jaga kosmetik dari sinar matahari langsung. Bahkan jika cuaca sangat panas, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es (cara ini juga membuat kosmetik lebih menyegarkan saat digunakan).

www.orde-baru.blogspot.com