Rabu, 05 Januari 2011

Beranda » Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai Agar Hidup Tetap Sehat

Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai Agar Hidup Tetap Sehat

Keinginan anak-anak untuk jajan memang sulit dihentikan. Sekali permintaan jajannya ditolak, anak akan merengek seharian dan Moms pun terpaksa mengalah. Tapi coba perhatikan, kemasan plastik sekali pakai (kantung plastik) lebih sering digunakan untuk mengemas makanan atau minuman seperti jus, yang justru mengancam kesehatan sang anak.

Ir Yadi Haryadi MSc, Dosen Ahli Pangan & Wadah IPB yang ditemui di acara “Aku Anak Sehat” oleh Tupperware di Wisma Serba Guna Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Kamis (5/5/2011) menjelaskan berbagai manfaat positif dari plastik.

"Kemasan berbasis plastik disukai karena berbagai manfaat positif. Bagi sebagian besar masyarakat, penggunaan plastik sekali pakai dianggap lebih praktis, kalau sudah habis tinggal buang. Nah, mereka tidak sadar jika dalam 1 kg sampah plastik dapat menghasilkan 6 kg gas Co2 dan sampah plastik terurai dalam waktu yang cukup lama, yakni 500 tahun. Bayangkan polusi dan permasalahan lingkungan yang dihasilkan sampah plastik,"

Yadi Haryadi menjelaskan bahaya menggunakan kantung plastik untuk mengemas makanan.

"Kita juga sangat rentan terkena penyakit berbahaya seperti kanker jika terus-menerus menggunakan kantung plastik untuk mengemas bakso atau mi ayam yang panas. Lebih baik makan di tempat menggunakan mangkuk keramik atau membawa rantang ‘stainless steel’ sendiri. ‘Stainless steel’ termasuk material yang antibakteri dan kuman,"

Ditambahkan juga penjelasan pentingnya menggunakan wadah kemasan yang bermutu dan memang diperuntukkan untuk makanan.

"Daripada membiarkan anak jajan yang kita tidak tahu apa bahan dasarnya dan bagaimana proses pembuatannya, lebih baik Moms menyiapkan sendiri bekal makan siang untuk anak. Yakni, makanan yang sehat dan bergizi dengan cara pengolahan makanan yang lebih sedikit tersentuh bahan kimiawi, lalu dikemas dengan kemasan plastik yang aman dan bermutu. Kemasan plastik yang dapat digunakan kembali,"

Yadi Haryadi pun menjelaskan cara memilih wadah makanan yang sehat bagi seluruh anggota keluarga, terutama anak.

"Pilih wadah plastik yang aman dan memiliki jaminan mutu - mencantumkan ‘logo food grade, food save’ atau gambar sendok garpu. Belilah merek wadah plastik yang memang sudah terkenal, hindari beli di pasar dengan harga Rp10 ribu untuk 3 buah -umumnya melamin. Jangan hanya tergiur dengan harganya yang murah. Kemudian usai membeli, gunakan wadah plastik tersebut sesuai dengan ketentuannya, misalnya untuk makanan dingin atau panas, bisa dimasukkan ke dalam kulkas maupun microwave atau tidak,"

Tags :Forum buku online, Ramalan BIntang, Fit and Beauty, Realita Kehidupan, Potret Kemiskinan, Lingkungan Hidup, Masyarakat Kumuh, Pergaulan Bebas, Remaja ABG, Hamil Diluar Nikah, Aborsi, Video Porno, Free Sexs,Perempuan Nakal, Remaja Bugil, Blogging, Tips Kecantikan, Wanita Modern, Seks Bebas, Vitalitas Seks, Fashion, Zadiak, Horoskop, Kencan, Kissing, Love, Blogger, Pergaulan Remaja, Remaja Masa Kini, ABG Kota, Plastik Sekali Pakai, Remaja, penggunaa Plastik Sekali Pakai, junk food, makanan cepat saji, hidup sehat, agar hidup sehat, hindari Penggunaan Plastik Sekali Pakai Agar Hidup Tetap Sehat, Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai Agar Hidup Tetap Sehat, tips agar hidup tetap sehat, tips hidup sehat

www.orde-baru.blogspot.com