Selasa, 18 Januari 2011

Beranda » Makan Ikan Bisa Kurangi Resiko Kehilangan Penglihatan Pada Wanita

Makan Ikan Bisa Kurangi Resiko Kehilangan Penglihatan Pada Wanita

Banyak anggapan bahwa mengonsumsi ikan dapat membuat otak menjadi lebih pintar. Namun ternyata manfaatnya tidak hanya itu saja, ikan juga bisa mengurangi risiko kehilangan penglihatan bagi wanita.

Dikutip dari Times of India, wanita yang secara teratur mengkonsumsi ikan dan asam lemak omega-3 memiliki risiko yang sangat rendah untuk terkena degenerasi makula yang terkait usia (Age-related Macular Degeneration). Penyakit tersebut adalah penyakit yang dihubungkan dengan penuaan secara berangsur-angsur sehingga merusak penglihatan tengah yang tajam.

Peneliti dari Brigham dan Women's Hospital dan Harvard Medical School di Boston mengumpulkan data dari 38.022 wanita yang belum pernah didiagnosa menderita AMD. Data tersebut berisi kebiasaan makan mereka, termasuk asupan omega-3 dan asam lema omega-6, dan meneliti kesehatan mata mereka selama 10 tahun terakhir.

Hasil dari penelitian itu mengatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi omega-3 asam lemak paling banyak memiliki risiko lebih rendah terkena AMD dibandingkan dengan wanita yang memakan sedikit. Memakan sebanyak satu atau lebih porsi ikan dalam seminggu dapat mengurangi risiko AMD hingga 42 persen bila dibandingkan memakan satu porsi dalam sebulan.

"Menurunnya risiko AMD ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi ikan tuna kaleng dan daging berwarna gelap,"

www.orde-baru.blogspot.com