Selasa, 04 Januari 2011

Beranda » Mayoritas Wanita Inggris Menjadi Wanita Tergemuk di Eropa

Mayoritas Wanita Inggris Menjadi Wanita Tergemuk di Eropa

Kegemukan selalu menjadi momok menakutkan bagi wanita di seluruh dunia. Siapa sangka, Inggris merupakan negara yang angka wanita gemuknya paling banyak dari negara mana pun. Apa pasal?

Saat ini, Inggris memiliki penduduk wanita paling gemuk dari seluruh negara besar lainnya di Eropa Barat. Fakta tersebut diperoleh berdasarkan penelitian kesehatan di seluruh dunia.

Sejak tahun 1980, bobot tubuh rata-rata wanita Inggris terus meningkat lebih dari 6,35 kg. Dengan kondisi tersebut, Inggris melampaui berat badan wanita negara lain termasuk Spanyol, Italia, dan Jerman.

Pada awal 1980-an, rata-rata wanita Inggris dengan tinggi badan 5ft 3in atau 160 sentimeter dan sama dengan ukuran 10 atau setara dengan 63,5 kg. Tetapi pada tahun 2008, bobot tubuh wanita Inggris semakin bertambah jadi 11st 2lb atau 70,06 kg.

Untuk keperluan laporan, hanya Malta dan Israel yang dikategorikan memiliki wanita gemuk di Eropa Barat. Hasil itu diterbitkan secara online di The Lancet. Namun berdasarkan penelitian global yang turut membandingkan rata-rata indeks massa tubuh (BMI) dari pria dan wanita di 199 negara, Inggris berhasil menduduki peringkat pertama.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan, bahwa BMI wanita Inggris meningkat 24,2-26,9, naik dari peringkat ke-12 yang penduduknya gemuk dari 23 negara ke posisi ketiga. Demikian yang dinukil okezone dari Telegraph, Jumat (4/2/2011).

Sementara itu, pria Inggris bernasib sedikit lebih baik dengan BMI naik 24,7-26,6, memosisikan mereka dari urutan 17 ke posisi kelima. Dari negara-negara utama Eropa Barat, hanya orang-orang Spanyol yang gemuk. Berat rata-rata orang Inggris 5ft 9in telah meningkat dari ukuran 12 atau 76,1 kg menjadi 12st 12lb atau setara dengan 81,9 kg.

Dokter lebih suka hasil BMI karena memperhitungkan tinggi badan seseorang. Hal ini dihitung dengan membagi berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badan seseorang.

Dari hasil tersebut, "average British couple" saat ini resmi terlalu gemuk untuk kebaikan mereka sendiri. Di bawah pedoman Department of Health, kebanyakan orang dewasa harus memiliki BMI antara 18,5 dan 25.

Berdasarkan BMI, antara 25 dan 30 digolongkan sebagai kelebihan berat badan, sementara lebih dari 30 adalah obesitas.

Sejumlah penelitian ini telah menemukan fakta bahwa orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki kesempatan lebih tinggi terkena penyakit jantung dan kanker tertentu.

Tam Fry, dari National Obesity Forum mengatakan, pemerintah secara berturut-turut sejak tahun 1979 telah merusak kesehatan masyarakat, dengan "membiarkan anak-anak di sekolah makan junk food, menjual lapangan bermain, dan gagal untuk menangani industri makanan".

Dengan kondisi tersebut, tak heran jika angka penderita kanker di Inggris tinggi. Padahal, hampir 80 ribu kasus kanker dapat dicegah di Inggris setiap tahun jika semua orang mengikuti gaya hidup sehat, seperti berjalan kaki selama setengah jam sehari, menjaga berat badan yang sehat, dan mengonsumsi makanan yang sehat. Begitu seperti diungkapkan World Cancer Research Fund.

www.orde-baru.blogspot.com