Kamis, 20 Januari 2011

Beranda » Menjaga Agar Perdebatan Tak Menjadi Pertengkaran

Menjaga Agar Perdebatan Tak Menjadi Pertengkaran

Silang pendapat dalam pernikahan bukanlah hal yang aneh. Yang harus kita lakukan adalah, menjaga perdebatan itu sehingga tak menjadi pertengkaran yang besar.

Berikut beberapa tips dari Helium agar perdebatan Anda tak berkembang ke arah yang lebih buruk.


1. Tetap pada konteks
Perdebatan tak boleh menjadi ajang menyerang pasangan Anda. Tak perlu membahas kesalahan-kesalahannya yang tak ada hubungan dengan topik perdebatan. Karena jika Anda melakukannya, ia juga bisa melakukan hal yang sama. Alhasil, perdebatan akan berubah menjadi pertengkaran.

2. Pilih tempat dan waktu berdebat
Pilihlah waktu dan tepat yang tepat untuk berdebat. Jangan sampai perdebatan Anda memancing perhatian orang lain, sehingga akan membuat Anda dan pasangan merasa malu. Perasaan tersebut hanya akan membangkitkan amarah kalian berdua.

3. Saling menghormati
Tetaplah jaga sikap Anda saat berdebat. Jangan sampai sikap Anda menghina atau merendahkan suami. hal itu hanya akan membangkitkan amarahnya. Andapun tak ingin direndahkan olehnya kan?

4. Mendengarkan
Perdebatan tak akan selesai jika tak ada yang mau mendengarkan. Berlakulah adil, jika Anda ingin didengarkan suami, Anda pun harus mau mendengar pendapatnya.

5. Jaga emosi
Jangan sampai Anda terbawa emosi. Jika memang Anda merasa emosi tak bisa lagi dikontrol, sebaiknya hentikan perdebatan terlebih dahulu untuk menenangkan diri. Jangan sampai emosi yang meledak-ledak membuat ujung perdebatan Anda menjadi pertengkaran besar.

www.orde-baru.blogspot.com