Kamis, 13 Januari 2011

Beranda » Menyusui Bantu Ibu Baru Terhindar dari Depresi

Menyusui Bantu Ibu Baru Terhindar dari Depresi

Tidak sedikit wanita yang baru melahirkan mengalami depresi atau baby blues. Menurut sebuah penelitian, menyusui ternyata bisa membantu ibu terhindar dari sindrome tersebut.

Penelitian itu dilakukan psikolog dari University of New Hampshire, Amerika Serikat, Kathleen Kendall-Tackett. Kendall meneliti tentang depresi yang biasa terjadi pada ibu baru.


"Depresi pada ibu baru adalah sesuatu yang biasa di banyak kebudayaan. Setidaknya 10-20 persen wanita mengalaminya setelah melahirkan. Di populasi yang lebih berisiko, presentasenya bisa mencapai 40-50 persen,"

Kendall tertarik meneliti karena deperesi tersebut tidak hanya berdampak pada ibu, tapi juga bayi. "Ibu yang depresi akan lebih mudah berhenti menyusui,"

Peneliti tersebut menambahkan, salah satu yang bisa mengobati depresi adalah dengan mengonsumsi omega 3. Para ibu yang baru melahirkan disarankan memakan makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan tuna, bayam, alpukat, kacang-kacangan dan pepaya.

Selain makan makanan yang mengandung omega 3, menyusui juga bisa membantu ibu terhindar dari depresi. "Menyusui bisa mengurangi stres," 

Hormon oksitosin akan keluar saat ibu menyusui bayinya, hormon ini berguna untuk mengurangi stres yang dialami. Sehingga ibu yang menyusui akan memiliki perasaan yang positif dan dapat melakukan lebih banyak hal-hal positif lainnya.

www.orde-baru.blogspot.com