Jumat, 14 Januari 2011

Beranda » Permainan Penuh Keceriaan Bersama Keluarga

Permainan Penuh Keceriaan Bersama Keluarga

Pergi ke mal kala weekend mungkin sudah terlalu sering Anda lakukan. Atau menyantap makanan di restoran terkenal? Ah, itu juga mungkin sudah hal yang lumrah. Kalau begitu, bagaimana jika ajak si kecil berlibur ke kampung?

Eits, jangan menganggap remeh dulu ya Moms and Dads! Kampung yang yang satu ini lain dari arti kampung sebenarnya, loh. Nggak percaya? Simak apa yang ditawarkan Kampoeng Maen, Buperta Cibubur, Jalan Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur yang dijamin membuat si kecil betah di sana.


Konsep Alami Mempererat Keluarga

Apa yang Anda harapkan dari berlibur bersama keluarga? Pasti keceriaan, bukan? Nah, dengan ‘menikmati’ Kampoeng Maen ini, Anda sekeluarga akan merasakan keceriaan tersebut. Tak hanya itu, hubungan antarsesama anggota keluarga juga akan semakin erat. Pasalnya, menurut Ugie Sansay, seorang Reservasi Lapangan Kampoeng Maen, tempat ini sengaja dibangun dengan konsep alami.

“Konsep outdoor activities Kampoeng Maen dikemas di ruang terbuka. Dilengkapi dengan tanaman ‘peneduh’ sehingga setiap pengunjung mendapatkan suasana pedesaan taapi dengan fasilitas modern,”

Begitu masuk ke ‘kampung’ ini, Anda dapat memilih pelbagai jenis mainan yang siap untuk dijelajahi si kecil. Misal, jika si buyung senang berpetualang, ajaklah dia masuk ke Kampoeng Petualangan.

Beragam permainan yang memacu adrenalin ditawarkan di dalamnya. Sebut saja flying fox – untuk dewasa dan anak-anak -, permainan burma bridge, wall climbing ukuran mini, jalan repot, Elvis walk, two line, atau low rope course. Wah, jantung si kecil pasti akan berdetak cepat kegirangan.

Dan jika ingin mengajarkan Kids membuat dan mengenal jenis-jenis makanan, Moms and Dads dapat mengajaknya masuk ke Kampoeng Rasa. Di area ini anak dapat belajar bagaimana proses membuat makanan, baik menu tradisional ataupun internasional. Asyiknya, peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut sudah disesuaikan ukurannya dengan si kecil. Dan setiap masakan yang sudah dibuat bisa langsung dinikmati oleh si pembuatnya.

Kampoeng Belanja

Wah, serasa ada di mal, nih! Ya, semua permainan dalam paket di ‘kampung’ ini dirancang dengan pola berhitung yang menarik. Isi program atau jenis permainan hampir sama dengan permainan pada paket Kampoeng Maen, hanya saja semua properti permainan harus dibeli dengan menggunakan uang miniatur. So, melalui permainan, si kecil bisa belajar berhitung dan mengatur uang sejak dini, kan Moms.

Kampoeng Keluarga

‘Kampung’ ini irancang khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan aktivitas bersama dengan seluruh anggota keluarga. Misal, berburu harta karun. Dibekali sebuah peta, Anda sekeluarga akan diminta untuk berburu harta yang tersimpan. Berbagai rintangan dan tantangan harus dihadapi bersama-sama. Dan mungkin Anda akan melihat keahlian si kecil yang tak pernah Anda ketahui sebelumnya dalam menghadapi rintangan tersebut. Hasilnya, dijamin dalam kurun waktu 3-5 jam, permainan ini akan meningkatkan hubungan kekeluargaan.

Kampoeng Permainan

Di ‘kampung’ ini anak-anak dapat bermain sekaligus mendapat manfaat yang berguna bagi mereka, seperti:

1. Ice Breaking Game, dimana dapat memberikan unsur kegembiraan sehingga tercipta suasana nyaman dan menyenangkan. Permainan ini bermanfaat untuk memecahkan ‘kekakuan’ antaranak.

2. Fun Games, dimana dapat melatih sensorik dan motorik anak serta membangun sikap sosialosasi anak dalam bekerja sama sejak dini. Permainan bersifat kelompok ini ditujukan bagi anak TK dan Playgroup.

3. Team Games. Permainan ini melatih anak agar berani mengemukakan pendapat, menghargai pendapat orang lain, belajar mengambil keputusan serta mampu menghadapi kompetisi antartim.

Serba ‘Kampoeng’

Sesuai namanya, di Kampoeng Tradisional Anda dapat melakukan kegiatan tradisional, seperti membatik, seni celup kain jumputan sampai menganyam lidi untuk membuat piring.

Tak hanya itu, Anda dan si kecil juga dapat mengunjungi ‘kampung-kampung’ lainnya. Seperti Kampoeng Pengetahuan, dimana terdapat display pengetahuan bidang fisika yang dilengkapi dengan penjelasannya. Anak pun bisa mempelajari tentang baterai tangan, tic tac toe dan kincir angin. Permainan yang tak kalah menarik adalah transfer bola dari tiang bambu ke ember. Wah, bisa bermain sambil belajar teori beban dan gaya.

Di Kampoeng Karya, anak bisa berkarya sesuai minatnya seperti menghias taping, berkreasi dengan kantung plastik, rancang bangun rumah, hingga menjadi presenter. Asyik kan? Mereka dapat merasakan profesi orang dewasa.

Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah masuk ke Kampoeng Keluarga. Tak hanya seru, pilihan permainan di sini mengasah kemampuan kolektivitas dan daya pikir. Misal, susun menara, pukul kentongan puzzle bata, bakiak, dan sungai buaya.

www.orde-baru.blogspot.com