Minggu, 02 Januari 2011

Beranda » Tingkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Hindari Kegemukan

Tingkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Hindari Kegemukan

Salah satu penyebab gagalnya diet adalah metabolisme tubuh yang rendah. Perilaku kurang aktif secara fisik seperti duduk di depan komputer seharian atau menonton TV lebih dari enam jam. Kurang tidur juga menjadi penyebab rendahnya metabolisme tubuh.

Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit. Sekeras apapun Anda berolahraga, atau seketat apapun diet yang Anda lakukan, tidak akan efektif mengurangi kegemukan jika metabolisme tubuh rendah.

Bagaimana meningkatkan metabolisme tubuh? Ini dia caranya, seperti dikutip dari Helium.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan melewatkan jam makan. Makan lima sampai enam kali sehari (dalam porsi kecil) lebih baik dibandingkan makan hanya dua atau satu kali sehari (misalnya hanya makan pagi dan siang, atau siang dan malam). Rasa lapar yang berlebihan akan menyebabkan Anda kekurangan kalori sehingga metabolisme tubuh menurun.

2. Sempatkan berolahraga dalam keseharian Anda. Rutin olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10 persen.

3. Hindari minuman beralkohol dan gula. Kurangi camilan dan minuman ringan yang mengandung banyak gula. Pilih camilan yang kaya akan karbohidrat dan protein sehat. Misalnya saja roti dengan olesan selai kacang, apel atau keju rendah lemak. Protein dan karbohidrat membantu mengatur kadar gula dalam darah, meningkatkan energi dan membuat efek perut kenyang sehingga nafsu makan Anda lebih sedikit.

4. Minum sedikitnya delapan sampai sepuluh gelas air putih sehari.

5. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B seperti bayam, asparagus, kedelai, melon, brokoli, ikan dan telur. Kekurangan vitamin B akan membuat tubuh mudah lelah dan memperlambat metabolisme.

6. Jika Anda sungguh-sungguh ingin meningkatkan metabolisme tubuh, jangan pernah lewatkan sarapan. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 10 persen. Pilih sarapan sehat dengan sereal gandum utuh, buah, yoghurt atau roti gandum.

7. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Kafein menimbulkan efek dehidrasi. Jika Anda tidak bisa mengurangi minuman berkafein, perbanyaklah minum air putih.

8. Banyak-banyaklah bergerak. Pilih berjalan kaki ketimbang naik mobil atau motor jika ingin belanja di supermarket terdekat. Atau cari tempat makan siang yang letaknya agak jauh dengan kantor, dan tempuh dengan berjalan kaki. Singkirkan juga remote control dan berjalanlah ke depan televisi untuk mengganti channel televisi.

www.orde-baru.blogspot.com