Sabtu, 22 Januari 2011

Beranda » Tips Atasi Insomnia

Tips Atasi Insomnia

Tidak ada yang suka membuang dan mengubah kebiasaan malam hari. Tapi kalau Anda masih berjuang dengan insomnia, Anda harus mencari solusi.

Terdapat berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu istirahat lebih baik di malam hari. Beberapa rutinitas dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan pulas.

Coba salah satu atau semua rutinitas berikut sebelum tidur untuk memastikan malam Anda lebih nyenyak, seperti dikutip dari Health24.

Mandi air hangat

Temperatur Anda secara alami menurun pada malam hari, mulai dua jam sebelum tidur hingga jam 4 pagi atau 5 pagi. Demikian menurut sebuah studi tahun 1997 yang dilakukan New York Hospital-Cornell Medical Center di White Plains, New York. Bila Anda berendam di bak air hangat, suhu Anda akan naik perlahan sehingga Anda bisa lebih rileks.

“Dua jam sebelum tidur, berendamlah di bak mandi selama 20-30 menit. Jika Anda menaikkan suhu tubuh satu atau dua derajat dengan mandi air hangat, penurunan curam pada waktu tidur akan membuat Anda tidur nyenyak,"

Mematikan lampu

Malam hari, tubuh Anda melepaskan zat kimia melatonin, yang membuat Anda mengantuk. Tapi, hanya jika Anda menerima isyarat langsung dari lingkungan.

"Melatonin adalah hormon kegelapan yang tidak akan mengalir bila lampu sekitar Anda menyala. Ada baiknya, transisi antara gelap dan terang pada pukul 9-10 malam,"

Duduk di sebuah ruangan remang-remang sebelum bersiap tidur dapat menenangkan pikiran Anda hingga siap tidur.

Membangun rutinitas

Anda dapat membantu tubuh menyadari bahwa waktu tidur sudah dekat dengan menetapkan rutinitas dan mengulanginya setiap malam.

"Kami menyarankan orang membangun rutinitas setiap malam sebelum naik ke tempat tidur, untuk membantu pergeseran otak mereka ke dalam mode tidur, seperti memakai piyama, menyisir rambut, atau menggosok gigi. Kebiasaan ini bisa membuat tidur sangat kondusif,"

Jauhi kafein

Kalau ingin tidur cepat, jauhi kafein. "Sebaiknya, hindari kafein setelah tengah hari jika Anda punya masalah kurang tidur, karena kafein bisa merusak sistem untuk waktu yang lama,"

Bahkan peminum kopi tanpa kafein harus berhati-hati. Sebuah studi Consumer Reports pada 2007 menemukan bahwa kopi tanpa kafein yang dijual di kafe tetap mengandung kafein, dengan 32 miligram kafein per cangkir, setara dengan 12 ons minuman soda.

Nikotin juga stimulan; merokok untuk bersantai sebelum tidur benar-benar bisa berlaku sebaliknya.

Matikan alat elektronik

Anda mungkin merasa rileks saat ngobrol dengan teman-teman sebelum pergi tidur, tapi ini membuat mata Anda terus terjaga. Layar ponsel (termasuk juga televisi) adalah masalahnya.

"Sebelum tidur, mulai lambatkan otak Anda dengan melakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca di kursi yang nyaman—tempat selain tempat tidur. Hentikan menonton televisi dan memeriksa e-mail,"

Batasi makan dan minum malam

Seporsi makan besar atau snack pedas yang terlalu dekat dengan waktu tidur memaksa sistem pencernaan Anda bekerja lembur dan seluruh tubuh Anda terus terjaga. Dan, alkohol membuat Anda mengantuk, tetapi mengganggu pola tidur sepanjang malam dan menjauhi dari tidur nyenyak yang Anda butuhkan untuk merasa segar.

Sementara jika Anda minum sebelum tidur, Anda mungkin harus bangun sepanjang malam untuk ke kamar mandi.

"Kebanyakan orang dewasa usia menengah dan tua harus bangun di malam hari untuk alasan ini. Jadi, batasi konsumsi cairan sebelum tidur,"

Kenakan kaus kaki

Kaki dingin membuat Anda tetap terjaga, terutama selama musim dingin. Jadi, hangat kaki dengan sepasang kaus kaki lembut.

“Lapisan tambahan berupa selimut dapat membantu meningkatkan sirkulasi di kaki Anda, yang dapat membantu Anda tertidur lebih cepat,”

www.orde-baru.blogspot.com