Selasa, 25 Januari 2011

Beranda » Tips Hindari dari Pencurian Saat Travelling

Tips Hindari dari Pencurian Saat Travelling

Siapapun bisa saja menjadi korban tindak kejahatan. Risikonya bisa lebih besar saat Anda berkunjung ke negara lain, karena biasanya wisatawan asing merupakan sasaran empuk bagi para pencuri.

Ada beberapa tips untuk terhindar dari insiden pencurian atau perampokan saat berpergian. Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Helium.

1. Simpan beberapa koin dan dompet kecil dalam kantong Anda. Cara ini akan menghindari pencuri atau perampok tertarik mengambil harta Anda saat berpergian.

2. Jangan memakai tas bertali panjang, karena bisa memudahkan penjahat merampas tas Anda dari motor atau memotong talinya dengan silet. Jika tas Anda berisi kartu kredit, kartu ATM dan uang, bawa sedekat mungkin dengan kulit Anda.

3. Jangan simpan semua benda berharga dalam satu tempat saat berpergian. Taruh sebagian uang dan kartu kredit di tas tangan, sebagian lagi di koper, dan sisanya di tas kecil. Jika Anda berpergian di daerah dengan tingkat kriminalitas tinggi seperti Brazil, Afrika Selatan atau Kolombia, taruh beberapa uang di dalam sepatu, kantung celana atau kantung baju yang tersembunyi.

4. Jika Anda menginap di hotel yang menyediakan kotak deposit, jangan ragu untuk menggunakannya. Jangan selalu membawa paspor dan semua kartu kredit atau debit kemana pun Anda pergi. Cukup bawa yang Anda perlukan saat hari itu dan satu kartu kredit.

5. Jangan berpenampilan terlalu mencolok. Berpakaianlah sewajarnya, dan Anda tidak perlu memamerkan ponsel Anda yang berteknologi mutakhir, kamera canggih atau laptop keluaran terbaru di tempat umum. Saat berpergian, cukup kenakan kaus dan celana, atau gaun midi berpotongan sederhana.

6. Jangan memamerkan seberapa banyak uang Anda. Jika hanya ingin membayar es krim, permen atau makanan kecil, siapkan uang di kantong baju atau celana. Hindari memperlihatkan isi dompet terlalu sering di tempat umum, karena akan mengundang pencuri mengincar harta Anda.

7. Berhati-hatilah saat berpergian di malam hari. Jika Anda berencana keluar hotel saat malam, tanyakan pada staf hotel atau penduduk lokal, daerah mana yangsebaiknya dihindari. Resepsionis hotel juga biasanya tahu informasi seperti itu.

8. Hindari konsumsi minuman beralkohol. Wisatawan asing yang dalam pengaruh alkohol biasanya lebih rentan jadi target incaran para pencuri dan perampok. Jika memang Anda terpaksa meminumnya, jangan habiskan terlalu banyak. Jangan membawa banyak uang untuk mengurangi risiko perampokan.

www.orde-baru.blogspot.com