Rabu, 19 Januari 2011

Beranda » Tips Jauhkan Diri dari Flu

Tips Jauhkan Diri dari Flu

Musim penghujan tiba. Biasanya, penyakit flu mudah menular di musim ini, bahkan bila Anda hanya berjabat tangan dengan seseorang yang terkena flu. Jadi, simak cara termudah menghindari tubuh dari virus flu.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mencuci tangan atau menggunakan larutan sterilisasi bisa bermanfaat lebih banyak untuk menghentikan penyebaran flu.

Penelitian yang dihelat di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia tersebut juga menunjukkan, penyebaran virus flu bukan hanya lewat kontak fisik. Kontak dengan benda yang sebelumnya tersentuh penderita flu juga menyebabkan Anda terserang flu.

Ingat, virus flu tidak berumur pendek. Virus flu dapat mempertahankan kekuatannya untuk menyebarkan penyakit hingga tiga jam setelah menempel dan mengering. Dan, jangan menggosok hidung dan mata tanpa tisu atau alat pembersih, karena ini adalah sumber lendir yang sarat dengan virus flu. Demikian seperti dikutip dari Thirdage.

Sebaiknya, Anda tidak berdekatan dengan orang yang sedang flu. Tim peneliti menganalisis pasangan menikah di mana salah satu pasangan (suami/istri) menderita flu. Hasilnya, sebanyak 38 persen pasangan yang sehat tertular flu dari pasangannya.

Jadi, kalau anggota keluarga Anda terserang flu dan Anda ingin menghindari penularannya, simak tipnya:

1. Minta mereka menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

2. Minta mereka untuk mencuci tangan sesering mungkin dan dengan cara yang benar.

3. Jangan pernah menyentuh mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan Anda.

4. Anda juga harus menghindari barang-barang pribadi yang dipakai bersama, seperti peralatan mandi, handuk, dan bantal.

www.orde-baru.blogspot.com