Sabtu, 01 Januari 2011

Beranda » Tips Tepat Memilih Dokter Anak

Tips Tepat Memilih Dokter Anak

Memilih dokter anak yang ideal untuk si buah hati bukan perkara gampang. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Nah krieria penting apa saja yang harus diperhatikan?

Memilih dokter anak yang tepat adalah suatu investasi yang diperlukan bagi orangtua. Sebab, seiring dengan tumbuhnya anak Anda, dia juga akan ikut mengamati perkembangannya. Paling tidak, dia akan mempunyai catatan yang tepercaya dalam sebuah buku pasien, bagaimana perkembangan anak Anda.

Impian setiap orangtua saat memilih dokter anak adalah menemukan seseorang yang bersedia untuk menjawab setiap pertanyaan dengan kesabaran dan kasih sayang, bertutur dengan lembut, ramah, sekaligus memberikan perawatan kesehatan yang menyenangkan. Karena dialah orang yang akan Anda hubungi ketika bayi Anda pilek, muntah-muntah, atau terserang panas tinggi.

Dia juga yang akan Anda datangi untuk imunisasi dan sebagainya. Dia akan bertindak seperti halnya seorang paman atau bibi,namun dengan keahlian medis yang terlatih dan lebih tepercaya ketimbang tante atau om si bayi sendiri. Maka, mencoba untuk menemukan ”dokter anak yang sempurna” merupakan proses yang sering kali menyulitkan bagi orangtua baru.

Memang, ada begitu banyak yang perlu dipertimbangkan. Lalu, di mana dan bagaimana memulai pencarian sosok terbaik buat Anda? Memahami bagaimana proses seorang dokter menjadi dokter anak adalah tempat yang paling baik untuk memulai pencarian Anda. Seorang spesialis pediatri umumnya menghabiskan setidaknya tiga tahun mempelajari masalah kesehatan anak-anak.

Tahun-tahun berikutnya, dia akan mengabdikan diri mempelajari wilayah tertentu dari bidang pediatri, seperti jantung, paru-paru, atau masalah endokrin. Mengapa anak Anda harus ditangani seorang dokter anak?

”Membuat keputusan untuk menggunakan dokter spesialis merupakan pilihan pribadi bagi orang tua,”

”Bagaimanapun juga, ada perbedaan mendasar antara dokter anak dan praktisi kesehatan keluarga. Dan yang paling penting bahwa Anda musti menentukan faktor-faktor apa saja yang paling signifikan yang berpengaruh untuk keluarga Anda sebelum memilih dokter anak Anda,”

Anda harus ingat bahwa spesialis anak memiliki lebih banyak pelatihan dan pengalaman yang luas dalam menangani masalah kesehatan anak daripada dokter bidang lain.

Namun, lebih dari separuh anak di sebuah daerah umumnya menerima perawatan kesehatan rutin dari orang lain selain dokter anak. Seorang praktisi kesehatan keluarga dan perawat memang mampu mengurus kesehatan umum yang dibutuhkan seorang anak. Tetapi karena anak-anak cenderung untuk mengunjungi dokter jauh lebih sering daripada orang dewasa, memilih satu dokter anak dari dokter keluarga bisa sangat menguntungkan.

Agar cepat menemukan dokter anak yang paling baik, Anda bisa minta rekomendasi dari seseorang yang bekerja di klinik kesehatan.Atau hubungi bidan di rumah bersalin atau rumah sakit dekat tempat tinggal Anda, lalu tanyakan siapa saja dokter anak yang bisa dianjurkan. Kombinasikan rekomendasi ini dengan pengalaman orang tua lain yang telah biasa bekerja sama dengan dokter yang disarankan tersebut.

Ketika meminta orang sekitar Anda untuk memberikan saran dan rekomendasi, pastikan untuk menanyakan apakah dokter anak tersebut telah memiliki lisensi. Anda juga harus melihat seorang dokter anak Anda sebagai pasangan sekaligus penasihat, gunakan kemampuannya sebagai sumber pengetahuan. Anda sebagai orang tua tetap yang paling bertanggung jawab untuk membantu anak tetap sehat.

Meski demikian, Anda harus memiliki kepercayaan yang penuh kepada dokter anak Anda jika hubungan kemitraan tersebut sudah berjalan. Jika Anda merasa tidak memiliki keyakinan pada sepak terjang dia, rumuskan mengapa hal itu bisa terjadi dan segera diskusikan dengan dokter anak tersebut. Jika Anda tidak juga dapat menyelesaikan masalah dan semakin berlarut, Anda mungkin perlu mencari dokter anak yang lain.

Setelah Anda meneliti lebih jauh dan mulai mengumpulkan sejumlah nama rekomendasi, buatlah janji untuk bertemu satu atau dua calon favorit dokter anak Anda. Membangun hubungan dengan dia sebelum Anda membutuhkan jasanya tentu akan mengurangi kecemasan. Pastikan untuk bertanya apakah klinik tersebut memiliki pamflet yang menggambarkan layanan apa saja yang mereka berikan.

Selain itu, kedekatan pribadi dokter-dokter mereka untuk mengatasi masalah umum pada anak juga sebaiknya dipertimbangkan. Sebelum melalukan tanya-jawab, buat daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada dokter anak tersebut dan buat beberapa salinannya. Memiliki ”rencana kerja” di tangan akan membantu Anda mengatasi semua masalah, termasuk kemudian dapat langsung meninjau catatan Anda.

Setelah itu, mulai membuat keputusan tentang siapa dokter anak yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak Anda.

www.orde-baru.blogspot.com