Kamis, 06 Januari 2011

Beranda » Warna Cat Juga Pengaruhi Mood Penghuni Rumah

Warna Cat Juga Pengaruhi Mood Penghuni Rumah

Dengan pemilihan warna dinding yang tepat, rumah bisa diatur menjadi tempat dengan aneka macam fungsi. Penelitian membuktikan, pemilihan warna rumah yang tepat mampu memberikan efek yang baik bagi penghuninya.

Mengapa kita menemukan satu tempat lebih nyaman dibandingkan dengan yang lain? Mengapa kita tertarik pada satu produk atas yang lain? Jawabnya adalah karena warnanya. Konon, warna, baik yang tersapu dalam arsitektur atau terlihat di sebuah produk, menyumbang sekitar 60 persen bagian reaksi atas pilihan kita terhadap suatu objek atau tempat. Dampak tentang warna ini biasanya disebut “psikologi warna”.

Pengaruh warna sangat kuat dan penting bagi fisik dan psikologis seseorang. Pemilihan warna bukan hanya karena persamaan definitif antara “warna dan suasana hati”, seperti yang banyak orang bilang. Ke mana pun kita pergi, kita kerap memberikan reaksi terhadap warna, tapi pentingnya sebuah warna masih sering diacuhkan.

Warna-warna yang tepat mesti terpampang secara pribadi di rumah kita dan di tempat-tempat di mana kita bekerja. Saat memilih warna cat untuk dinding rumah, David Bromstad, pemenang HGTV (Home and Garden Televison) Design Star yang juga pembawa acara Color Splash, memberikan saran agar kita menggunakan feeling saat menentukannya. Jika Anda termasuk tipe yang emosional, pilih warna yang paling merefleksikan mood Anda.

Warna “tajam” semacam merah atau oranye bakal membangkitkan energi dan menyemangati Anda melewati hari. Warna “tenang” seperti hijau dan biru akan membuat Anda rileks dan santai. Untuk mendapatkan suasana lebih formal, pilih warna-warna kontras misalnya cokelat tua dan perak.

“Jika Anda masih bingung, gunakan beberapa sampel warna cat untuk menutupi dinding dengan berbagai warna. Biarkan seperti itu hingga beberapa hari untuk melihat bagaimana perubahannya setelah tertimpa cahaya,”

Jika Anda masih belum yakin, eksperimen terlebih dahulu di kamar rias, kamar mandi, ruang kecil, daerah kamar atau dinding aksen. Jika Anda mengecat sendiri, pilih area yang mudah dan cepat sehingga Anda dapat melihat hasilnya dengan segera, dan menjadi gembira dengan pilihan warnanya. Lihatlah proses tersebut sebagai sebuah petualangan.

Anda juga bisa menetapkan warna dinding yang diambil dari karya seni, karpet, piring, aksesori, atau furnitur sebagai sentuhan warna utama atau hanya aksen. Ketika memilih warna, pertimbangkan mood sebuah ruangan.

Di kamar tidur misalnya, apakah Anda ingin menjadi tenang atau dramatis dan intim? Warna-warna lembut, “dingin”, dan netral biasanya menciptakan perasaan menenangkan, sedangkan warna yang kuat untuk menghadirkan sebuah “drama”.

Untuk ruang makan, apakah Anda ingin di ruang makan terasa “ramah” dan menggairahkan atau tampil formal dan tenang? Warna-warna hangat, kontras, dan agak cerah akan menambah suasana yang ramah. Sementara warna biru atau hijau tua dan netral bakal memberikan suasana yang lebih formal.

Sama dengan di kamar anak, apakah Anda ingin ruangannya memancarkan energi yang aktif dan menarik atau rapi dan tenteram? Ingat, berhati-hatilah untuk tidak memberikan stimulasi yang berlebihan kepada anak Anda dengan penggunaan warna-warna yang sangat cerah. Anda mungkin tidak tahu, beberapa warna cerah dapat menimbulkan perasaan kegelisahan dan mudah tersinggung.

Yang penting juga dalam pemilihan warna cat adalah disesuaikan dengan jenis pencahayaan yang digunakan. Cahaya matahari siang hari memantulkan warna yang alami. Lampu pijar mengeluarkan warna hangat dan kekuning- kuningan. Sementara, lampu neon keluar dengan nuansa biru tua.

Jadi, cat warna-warna tua mungkin terlalu terang dan kuat bila digunakan pada semua dinding atau di samping jendela besar, tapi lebih efektif bila digunakan pada dinding aksen dengan pantulan dari cahaya tidak langsung.

Anda juga mesti mempelajari persyaratan pemilihan warna, yang akan membantu Anda untuk memahami terminologi yang digunakan untuk menggambarkan sebuah warna.

Jika memilih cat untuk ruang yang lebih aktif, pertimbangkan menggunakan warna tua, warna-warna yang lebih tajam. Bahkan jika Anda ingin kamar tersebut terlihat terang, pakai cat dengan warna yang lebih kalem dibandingkan putih tulang (off-white) atau pastel. Warna yang terlalu terang dapat menjadi lebih bercahaya dan mencolok apabila muncul pada semua permukaan dinding di sebuah ruangan.

Namun, warna yang tak terlalu kuat berhubungan dengan warna pastel yang dapat membuat efek bersinar ketika digunakan di ruangan yang sama. Agar Anda lebih percaya diri, ulaskan pilihan cat warna Anda pada papan poster atau area besar di sebuah dinding.

“Jangan takut untuk melewati zona kenyamanan Anda. Pertimbangkan warna-warna kuat, lembut, netral seperti chocolate brown atau olive green sebagai warna utama atau aksen. Atau tambahkan drama dengan warna tua pada langit-langit. Langit-langit berwarna dapat secara dramatis mengubah tampilan seluruh ruangan,”

Tambahkan kedalaman warna dengan elemen dekoratif. Sulap bentuk yang datar dan dinding yang kusam menjadi lebih menarik dan personal dengan penggunaan tekstur visual halus yang dramatis dan pemecahan warna.

Bahan mineral atau logam mengkilap dan glasir lapis berwarna bisa menjadi pilihan. Beberapa contoh logam lembut reflektif di antaranya mika, tembaga, timah, perunggu dan, tentu saja, perak antik serta emas. Jacobs meminta Anda untuk berjalan ke ruangan yang lain. Pandang dinding sebagai sebuah bidang warna, dan lihat bagaimana interaksi warnanya ketika melihat satu bidang dengan bidang lain di ruangan yang berdampingan.

Pendekatannya seperti memperhatikan suatu komposisi, di mana Anda berada di satu ruangan, tapi Anda melihat sebagian dinding dari ruangan lain melalui kamar itu.

“Jadi karena Anda memilih warna, perhitungkan bagaimana aliran warna dari satu kamar ke kamar yang lain untuk membentuk sebuah gambaran Anda,”

Ikuti juga yang namanya putaran warna (color wheel). Sebuah putaran warna yang kecil adalah alat referensi yang tepat untuk memodifikasi dan memperkuat dua atau lebih warna. Misalnya, merah dan hijau yang saling melengkapi (berlawanan) warna, yang akan makin bagus ketika disapukan bersama.

Anda mungkin akan terkejut betapa banyak kombinasi warna yang semakin indah ketika dipakai bersama. Dan, Anda bahkan mungkin menjadi tertarik pada palet warna yang sama sekali baru. Putaran warna juga menggambarkan temperatur visual dari sebuah warna.

Tags :Forum buku online, Ramalan BIntang, Fit and Beauty, Realita Kehidupan, Potret Kemiskinan, Lingkungan Hidup, Masyarakat Kumuh, Pergaulan Bebas, Remaja ABG, Hamil Diluar Nikah, Aborsi, Video Porno, Free Sexs,Perempuan Nakal, Remaja Bugil, Blogging, Tips Kecantikan, Wanita Modern, Seks Bebas, Vitalitas Seks, Fashion, Zadiak, Horoskop, Kencan, Kissing, Love, Blogger, Pergaulan Remaja, Remaja Masa Kini, ABG Kota, Warna Cat, Remaja, Warna Cat rumah, Wanita Nakal, Perempuan Nakal, Make Up, Dapur Minimalis, Warna Cat rumah, Warna Cat, peangruh Warna Cat rumah,Warna Cat Juga Pengaruhi Mood Penghuni Rumah

www.orde-baru.blogspot.com